Apa Akibat Jika Tidak Bayar Pajak?

Apa Akibat Jika Tidak Bayar Pajak?

Tidak membayar pajak ternyata ada akibatnya bagi wajib pajak. Namun demikian, belum banyak masyarakat yang tahu akan hal ini. Minimnya pemahaman mengurus pajak menjadi salah satu masalah utamanya. Padahal dalam hal ini, sebenarnya ada solusi mudahnya yaitu menggunakan konsultan pajak dan bagi warga Bekasi dan sekitarnya anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak Bekasi [ kompiajaib ].

Ada 2 jenis sanksi akibat telat atau tidak membayar pajak yaitu sanksi administratif dan pidana. Supaya terhindar dari keduanya uruslah pajak yang menjadi kewajiban anda dan jika anda bingung dalam hal ini maka anda bisa mempercayakannya pada konsultan pajak seperti konsultan pajak Bekasi.

Sanksi Adminstratif

Adalah sanksi terendah bagi wajib pajak yang tidak patuh pajak yang meliputi:

1. Bunga

Diberikan pada wajib pajak yang telat membayarnya. Sementara bunga yang dikenakan padanya adalah menurut persentase tertentu suatu jumlah dari ketika bunga tersebut menjadi kewajiban/hak hingga saat dibayarkannya. Jumlah bunga akan dihitung tetap dari jumlah pokok yang kurang atau tidak dibayarkan.

2. Denda

Sanksi ini berhubungan dengan perihal kewajiban pelaporan. Besarnya nilai denda yang nantinya ditetapkan adalah senilai jumlah tertentu, persentase jumlah tertentu atau angka perkalian dari jumlah tertentu pula menurut pelanggaran yang telah diatur di Undang-Undang

3. Kenaikan

Inilah sanksi paling berat pada jenis sanksi administratif. Karenanya, jenis sanksi ini menjadi sanksi yang paling dihindari oleh para wajib pajak. Sesuai namanya, sanksi kenaikan berarti wajib pajak harus membayar pajak secara berlipat ganda. Dalam perhitungannya memakai persentase tertentu dari jumlah total pajak yang tidak atau belum dibayarkannya.

Sanksi Pidana

Adalah sanksi paling berat bagi wajib pajak yang melakukan pelanggaran berat hingga menyebabkan kerugian terhadap pendapatan negara dan dilakukan lebih dari sekali.

Sementara contoh pelanggaran berat tersebut adalah seperti pengusaha atau perusahaan yang menerbitkan faktur pajak serta memungut PPN namun tidak melakukan pelaporan atas aktivitas usahanya lalu pajak yang telah dipungut tidaklah diberikan kepada negara.

Paling sedikit, hukuman yang diberikan adalah 6 bulan dan paling lama hingga 6 tahun. Disamping itu, bisa pula disertakan sanksi denda paling sedikit 2 kali pajak terutang dan paling banyak 4 kali pajak terutang yang kutang atau tidak dibayarkan.

Demikian sanksi atau akibat dari kelalaian membayar pajak baik disengaja maupun tidak disengaja. Konsultasikan kepengurusan pajak anda pada konsultan pajak yang tepat yang salah satunya adalah konsultan pajak Bekasi untuk membantu anda bebas dari sanksi pajak.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*